Senin, 23 Maret 2009

dari mana adanya oksigen di malam hari?


Tumbuhan adalah makhluk hidup fotoautotrof, atau dengan kata lain dapat menggunakan energi dari sinar matahari untuk membuat zat makanan. Nah, bahan pembuat makanan tersebut adalah CO2 dan air (H2O). Prosesnya disebut sebagai fotosintesis. Pada proses tersebut, air akan dipecah menjadi H dan O2, H akan digunakan, sedangkan O2 akan dilepaskan ke udara.

Namun, seperti makhluk hidup yang lain, tumbuhan juga membutuhkan O2 untuk proses respirasi (pemecahan makanan untuk menghasilkan energi). Kalau makhluk hidup selain tumbuhan, O2 diambil dari udara, sedangkan kalau pada tumbuhan O2 yang digunakan merupakan O2 hasil fotosintesis tadi. Tetapi, jumlah O2 yang dihasilkan pada fotosintesis lebih banyak dibandingkan dengan O2 yang digunakan untuk respirasi, sehingga masih ada banyak O2 yang dilepaskan ke udara yang membuat udara menjadi segar.

Nah, masalahnya, pada malan hari, proses fotosintesis tidak terjadi, sehingga tidak ada O2 yang dihasilkan, sehingga untuk respirasi tumbuhan akan mengambil O2 dari udara. Oleh sebab itulah, pada malam hari, tumbuhan lebih baik dikeluarkan dari ruangan, karena akan menghisap O2 di ruangan tersebut untuk proses respirasinya.

Tidak ada komentar: